pengambilan keputusan bijak


PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PERMASALAHAN DALAM DINAMIKA KEHIDUPAN
Kehidupan manusia penuh dengan dinamika yang sulit untuk ditebak. Dinamika kehidupan ini terjadi secara alami yang memberikan warna dalam kehidupan manusia. Dalam kehidupan akan muncul pro dan kontra terhadap suatu permasalahan yang merupakan suatu bentuk dinamika kehidupan itu. Penempatan diri seseorang pada suatu permasalahan, baik itu pada pihak pro ataupun pihak kontra terhadap suatu permasalahan membutuhkan pengambilan keputusan individu yang tepat.
Pengambilan keputusan oleh seseorang akan berdampak langsung kepada dirinya, yang akan memengaruhi pola pikir dan tindakannya terhadap permasalahan tersebut. nah, sekarang kita akan mencoba untuk mencontohkan pengambil sebuah keputusan dalam suatu permasalahan. Tentunya pengambilan keputusan untuk permasalahan berikut akan variatif, tergantung pada pola pikir dan cara pandang setiap individu.
Apa yang kamu lakukan pada saat mendapatkan benda kecil yang berharga seperti cincin emas atau kalung emas dijalan?

Jika saya berada dalam kondisi tersebut saya akan mengambil benda tersebut, keputusan ini saya ambil dengan berbagai pertimbangan seperti
1.       Saya diperlihatkan benda itu oleh Tuhan pasti dengan maksud tertentu, karena bisa saja saya tidak melihat benda itu, atau mengapa dari sekian banyak orang saya yang pertamakali melihat benda tersebut bukan orang lain?
2.       Dengan mengambil benda itu dengan maksud bukan untuk memiliki, akan memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk menemukan benda tersebut.
3.       Dalam agama islam hukum untuk barang temuan seperti ini telah dijelaskan dengan detail. (Karena ini merupakan barang berharga yang kemungkinan dicari oleh peimiliknya maka yang menemukan hendaknya mengiklankannya selama 1 tahun jika tidak ada yang mengkonfirmasi barang tersebut boleh dimanfaatkan)
Langkah kongkrit yang akan saya lakukan adalah dengan mengiklankanya/mengumumkan dalam selebaran, Koran, ataupun radio. Syarat orang yang dapat diputuskan sebagai pemilik benda tersebut adalah jikalau ia mapu menyebutkan cirri-ciri benda tersebut dengan jelas. Jika dalam 1 tahun itu tidak ada yang mengakuinya maka dengan tetap mengingat ciri-ciri barang tersebut saya akan memanfaatkan barang tersebut dengan catatan siap mengembalikannya jika suatu saat nanti ada orang yang datang dan menyebutkan cirri-ciri barang tersebut secara tepat.
Permasalahan diatas akan disikapi berbeda oleh setiap orang. Karena sesungguhnya untuk beberapa kasus pengambilan keputusan yang dianggap benar oleh seseorang belum tentu benar menurut orang lain, karena ini merupakan suatu bagian dari dinamika kehidupan manusia.


Comments

Popular posts from this blog

makalah tentang filsafat naturalisme

Sejarah Singkat Penemuan Konsep Optik