SOAL ULANGAN HARIAN (GELOMBANG)

ULANGAN HARIAN I

Petunjuk. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1.       Suatu gelombang merambat seperti pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan data pada gambar di atas hitunglah cepat rambat gelombang tersebut!
2.       Seorpang nelayan merasakan perahunya dihempas gelombang sehingga perahu bergerak naik turun. Waktu yang diperlukan untuk bergerak dari puncak ke lembah adalah 3 s. nelayan juga mengamati jarak antar puncak gelombang adalah 12 meter. Berapakah waktu yang diperlukan gelombang untuk mencapai pantai yang jauhnya 100 meter?
3.       Sebuah gelombang sinusoidal pada seutas tali telah dideskripsikan sebagai
Dimana x dan y dalam meter dan t dalam detik. Untuk gelombang tersebut, tentukan (a) amplitude, (b) frekuensi, (c) bilangan gelombang, (d) panjang gelombang, (e) kecepatan gelombang (f) sudut fase
4.       Sebuah gelombang transversal yang merambat pada seutas tali dapat dideskripsikan sebagai fungsi gelombang sebagai berikut.
Dimana x dan y dalam meter dan t dalam detik. Untuk gelombang tersebut, tentukan (a) kelajuan dan percepatan partikel gelombang pada t= 0,200 s untuk sebuah titik di tali tersebut yang berlokasi pada x=1,60 m. (b) Berapa panjang gelombang, periode, dan kelajuan rambat gelombang tersebut.
5.       Dua gelombang sinusoidal yang melintas dalam arah berlawanan berinterferensi untuk menciptakan sebuah gelombang stasioner dengan fungsi gelombang

Dimana x dan y dalam meter dan t dalam detik. Untuk gelombang tersebut, tentukan panjang gelombang, Amplitudo superposisi pada x=1,25m, dan kecepatan rambat gelombang!

Comments

Popular posts from this blog

makalah tentang filsafat naturalisme

Sejarah Singkat Penemuan Konsep Optik