SILABUS K13 REVISI 2017 VERSI AHMAD SURYADI

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                                : SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM
Kelas / Semester                               : VIII / 1
Mata  Pelajaran                                 : Ilmu Pengetahuan Alam
Kompetensi Inti
Ø  KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Ø  KI 2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkaun pergaulan dan keberadaannya.
Ø  KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif) berdasarkan rasa ingin tahunya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
Ø  KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut padang/teori.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
3.1     Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunaan satuan standar (baku)
4.1     Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku

·     Pengukuran
·     Besaran Pokok dan turunan
·     Satuan baku dan tak baku
Pertemuan I
Penyelidikan IPA
-  Metode Ilmiah dalam Penyelidikan IPA
-  Kegunaan Mempelajari IPA
-  Objek yang Dipelajari dalam IPA
Pertemuan II
Pengukuran
-  Pengertian Pengukuran
-  Besaran dan Bukan Besaran
-  Satuan Baku dan Satuan Tidak Baku
Pertemuan III
-  Pengukuran dengan Satuan Tidak Baku
-  Kegunaan Satuan Baku dalam Pengukuran
-  Konversi Satuan dalam SI
Pertemuan IV
Besaran Pokok
-  Pengertian Besaran Pokok
-  Macam-Macam Besaran Pokok Beserta Satuannya
-  Pengukuran Besaran Pokok dengan Alat Ukur
Pertemuan V
Besaran Turunan
-  Pengertian Besaran Turunan
-  Macam-Macam Besaran Turunan Beserta Satuannya
-  Pengukuran Besaran Turunan
·       Mengamati diri sendiri dan teman, serta benda-benda yang ada di sekitar untuk melihat ciri-ciri yang dapat diamati seperti tinggi badan, panjang rambut, berat (massa) badan
·       Mengukur panjang benda dengan hasil bersatuan baku dan tak baku,untuk menemukan pentingnya satuan baku dalam pengukuran
·       Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, misalnya panjang benda, massa jenis, energi, frekuensi denyut nadi, konsentrasi larutan,dan laju pertumbuhan tanaman.
·       Melakukan percobaan mengukur besaran panjang, massa, dan waktu menggunakan alat ukur baku dan tak baku untuk mendapatkan konsep satuan baku dan tak baku
·       Menyajikan hasil percobaan tentang pengukuran dengan alat ukur dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
Pertemuan I
3.1.1. Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2. Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
3.1.3. Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
4.1.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan
hasil

Pertemuan II
3.1.4. Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5. Menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran)

Pertemuan III
3.1.6. Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7. Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8. Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
4.1.2 Melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku


Pertemuan IV
3.1.9. Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10. Menyebutkan macam-macam
besaran pokok beserta satuannya
4.1.3 Melakukan pengukuran besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan V
3.1.11. Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12. Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya
4.1.4 Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

·   Tugas :
Mengumpulkan informasi mengenai berbagai besaran pokok dan turunan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

15 JP

5 x TM (13 JP)
Pert. I : 3 JP
Pert. II : 2 JP
Pert. III : 3 JP
Pert. IV : 2 JP
Pert. V : 3 JP

UH, remedial & pengayaan (2 JP)
3.2     Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
4.2     Menyajikan hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar berdasarkan karakteristik yang diamati

Klasifikasi
·       Makhluk hidup dan benda tak hidup
·       Ciri-ciri makhluk hidup
·       Klasifikasi makhluk hidup
·       Pengenalan mikroskop
Pertemuan I
Mengidentifikasi benda-benda di sekitar

Pertemuan II
Mebedakan makhluk hidup dan tak hidup (ciri-ciri makhluk hidup)

Petemuan III & IV
Pengenalan Mikroskop
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
·       Mengamati manusia, tumbuhan, hewan, dan benda di lingkungan sekitar, gejala-gejala kehidupan yang menunjukkan ciri-ciri mahluk hidup serta pengelompok-kannya dengan indera dan dengan bantuan mikroskop
·       Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk dan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
·       Mengumpulkan informasi mengenai klasifikasi mahluk hidup berdasarkan persamaan ciri yang diidentifikasi, misalnya kelompok monera, protista, fungi, plantae, dan animalia
·       Menyajikan hasil mengklasifikasi makhluk hidup dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
Pertemuan I
3.2.1 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat alamiah
3.2.2 Menjelaskan benda-benda di sekitar yang bersifat buatan manusia
3.2.3 Menjelaskan benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.4 Menjelaskan kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar
4.2.1 menyajikan hasil observasi benda-benda alamiah dan benda-benda buatan manusia di sekitar
Pertemuan II
3.2.5 Menjelaskan perbedaan makhluk hidup dan makhluk tidak hidup
3.2.6 Mengelompokkan makhluk hidup dan tak hidup
3.2.7 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
4.2.2 menyajikan laporan hasil pengamatan ciri-ciri makhluk hidup
Pertemuan III
3.2.8 Menjelaskan pengertian klasifikasi makhluk hidup
3.2.9 mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya
3.2.10 mengelompokkan hewan berdasarkan berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya
3.2.11 memahami urutan taksonomi makhluk hidup
3.2.12 menjelaskan kriteria dalam klasifikasi tumbuhan
3.2.13 menjelaskan kriteria dalam klasifikasi hewan
4.2.3 melakukan pengelompokan makhluk hidup dengan kunci determinasi
Pertemuan IV
3.2.14 menjelaskan ciri-ciri kingdom monera
3.2.15 menjelaskan ciri-ciri kingdom Protista
3.2.16 menjelaskan ciri-ciri kingdom fungi
3.2.17 menjelaskan ciri-ciri kingdom plantae
3.2.18 menjelaskan ciri-ciri kingdom Animalia
4.2.4 melakukan pengamatan ciri-ciri kingdom monera dan Protista dengan menggunakan mikroskop
·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

15 JP
4 TM (10 JP)
Pert. I : 2 JP
Pert. II : 3 JP
Pert III : 2 JP
Pert. IV : 3 JP
Kerja Projek 1JP
UH, pengayaan dan remedial (3 JP)
3.3 Menjelaskankonsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
4.3     Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
Zat dan Karakteristiknya
·         Zat Padat, Cair, dan Gas
·        Unsur, Senyawa, dan Campuran
·        Sifat fisika dan kimia
·        Perubahan fisika dan kimia
Pert I.
Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran
Pert. II
Campuran dan sifat larutan asam basa
Pert. III
Pemisahan Campuran (filtrasi, sentrifugasi, dan kromatografi)
Pert. IV
Pemisahan Campuran (destilasi dan sublimasi)
Pert. V
Sifat fisika dan sifat kimia serta perubahan fisika dan perubahan kimia
·       Mengamatiberbagai benda dalam kehidupan sehari-hari yang mengalami perubahan, misalnya air menjadi es, es menjadi air, air menjadi uap, kertas dibakar menjadi abu, besi berkarat, dan makanan menjadi basi
·       Melakukan penyelidikan karakteristik zat (padat, cair, dan gas) serta mengumpulkan informasi mengenai unsur, senyawa, dan campuran
·       Melakukan penyelidikan asam, basa, dan garam menggunakan indikator buatan dan alami
·       Melakukan percobaan teknik pemisahan campuran, misalnya melalui penyulingan, kromatografi, atau penyubliman
·       Menyajikan hasil penyelidikan sifat fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari  dan mendiskusikannya dengan teman
Pertemuan I
3.3.1.Menggolongkan karakteristik materi
3.3.2. Menjelaskan perbedaan unsur,senyawa, dan campuran.
Pertemuan II
3.3.3 menjelaskan ciri-ciri larutan asam, basa dan garam
3.3.4 mengidentifikasi perbedaan larutan asam dan basa dengan menggunakan indikator alami
3.3.5 mengindetfikasi perbedaan larutan asam dan basa dengan menggunakan indicator buatan
4.3.1 membuat indicator alami asam basa
Pertemuan III
3.3.6 Menjelaskan metode pemisahan campuran (filtrasi, sentrifugasi, dan
kromatografi)
4.3.2 Membuat alat pemisahan campuran dengan metode filtrasi. (Proyek)
4.3.3 melakukan pemisahan campuran dengan metode filtrasi
Pertemuan IV
3.3.7 menjelaskan metode pemisahan campuran (destilasi dan sublimasi)
4.3.4 membuat poster metode pemisahan campuran (desitilasi dan sublimasi)
Pertemuan V
3.3.8. Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
3.3.9 Menjelaskan konsep Massa Jenis
3.3.10. Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia
4.3.5 Melakukan percobaan pengukuran massa jenis zat cair dan zat padat.

·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

15 JP
5 TM (13 JP)
Pert. I : 3 JP
Pert. II : 2 JP
Pert III : 3 JP
Pert. IV : 2 JP
Pert. V : 3 JP
UH, pengayaan dan remedial (2 JP)
3.4     Menganalisis konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan
4.4   Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor

Suhu dan Kalor
·     Suhu
·     Alat pengukur suhu
·     Pemuaian
·     Kalor
·     Perpindahan kalor
·     Kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
SUHU
Pert. I
Pengertian Suhu dan Termometer
Pert. II
Skala Suhu I (membuat skala suhu)
Pert. III
Skala Suhu II (skala suhu dan mengamati pemuaian).
Pert. IV
Pemuaian Panjang, Luas, dan Volume
Pert. V
Pemuaian pada Zat Cair

·       Mengamati peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan perubahan wujud benda setelah menerima atau melepas kalor
·       Melakukan percobaan mengukur suhu benda menggunakan thermometer serta menyelidiki pemuaian pada benda padat, cair, dan gas
·       Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda serta perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
·       Mengumpulkan informasi mengenai berbagai upaya menjaga kestabilan suhu tubuh makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari
·       Menyajikan hasil percobaan dalam bentuk laporan tertulis dan mendiskusikannya dengan teman
Pertemuan I
3.4.1 Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2 Menjelaskan berbagai jenis termometer.
Pertemuan II
3.4.3 Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
Pertemuan III
3.4.4 Menentukan hasil konversi skala suhu.
3.4.5 Menjelaskan definisi pemuaian
3.4.6 memahami konsep pemuaian pada zat padat
Pertemuan IV
3.4.7 memahami konsep pemuaian pada zat cair
3.4.8 memahami konsep pemuaian pada zat gas
Pertemuan V
3.4.7 menggunakan persamaan pemuaian dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pemuaian panjang, luas dan volume


·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

15 JP
5 TM (13 JP)
Pert. I : 3 JP
Pert. II : 2 JP
Pert III : 3 JP
Pert. IV : 2 JP
Pert. V : 3 JP
UH, pengayaan dan remedial (2 JP)

Kalor
Pert. I
Konsep Kalor
Pert. II
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Suhu Benda
Pert III.
Konsep Hubungan Kalor dan Perubahan Zat Benda
Pert IV
Perpindahan Kalor Dengan Cara Konduksi dan Konveksi
Pert. V
Perpindahan Kalor Dengan Cara Radiasi
Pertemuan I
3.4.8 Menjelaskan pengertian kalor
3.4.9 menentukan konversi satuan kalor

Pertemuan II
3.4.10 Mendeskripsikan hubungan kalor dengan perubahan suhu.
4.4.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu
Pertemuan III
3.4.11 mendeskripsikan hubungan kalor dengan perubahan wujud benda
4.4.2 Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap wujud benda
Pertemuan IV
3.4.12 Menjelaskan macam-macam perpindahan kalor.
3.4.13. menjelaskan perbedaan konduktor dan isolator

Pertemuan V
4.4.3 membuat projek yang memanfaatkan konsep perpindahan kalor.

·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

15 JP
5 TM (13 JP)
Pert. I : 3 JP
Pert. II : 2 JP
Pert III : 3 JP
Pert. IV : 2 JP
Pert. V : 2 JP
Projek : 2JP
UH, pengayaan dan remedial (2 JP)
3.5 Menganalisis konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
4.5 Menyajikan hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis

Energi
·       Bentuk-bentuk energi
·       Sumber energi
·       Perubahan bentuk energi
·       Transformasi energi dalam sel
·       Fotosintesis
·       Respirasi
Pert. I
Konsep Energi dan Sumber Energi
Pert.II
Transformasi Energi dalam Sel dan Metabolisme Sel
Pert. III
Respirasi
Pert. IV.
Pencernaan Makanan
Pert. V
Fotosintesis

·       Mengamati berbagai aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan energi dan krisis energi
·       Meyelidiki sumber energi dan perubahan bentuk energi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial dan energi kinetik melalui percobaan
·       Mengumpulkan informasi mengenai perpindahan energi dalam sel serta melakukan percobaan fotosintesis dan  mengukur laju respirasi hewan hubungannya dengan berat badan
·       Menyajikan hasil percobaan perubahan bentuk energi, percobaan fotosintesis, dan respirasi dalam bentuk laporan tertulis serta mendiskusikannya dengan teman
Pertemuan I
3.5.1. Menjelaskan konsep
energi
3.5.2 Menjelaskan perbedaan energy kintik dan energy potensial
3.5.3 menyebutkan sumber-sumber energi

Pertemuan II
3.5.4. Menjelaskan
Konsep transformasi dalam sel
3.5.5 menjelaskan konsep metabolism sel
Pertemuan III
3.5.6 memahami konsep
respirasi.
Pertemuan IV
3.5.1. Menyebutkan organ-organ yang terlibat dalam proses pencernaan
3.5.2  Menjelaskan proses pencernaan karbohidrat      di dalam tubuh
3.5.4. Menjelaskan proses pencernaan protein di       dalam tubuh
3.5.5. Menjelaskan proses pencernaan lemak di   dalam tubuh
Pertemuan V
3.5.1 Menjelaskan konsep fotosintesis
4.5.1 Menyajikan hasil pengamatan, inferensi, dan mengomunikasikan hasil     percobaan fotosintesis.

·   Penilaian pengetahuan pilihan ganda

·   Penilaian keterampilan: unjuk kerja

·   Penilaian keterampilan: portofolio berupa laporan tertulis

15 JP
5 TM (13 JP)
Pert. I : 3 JP
Pert. II : 3 JP
Pert III : 2 JP
Pert. IV : 3 JP
Pert. V : 3 JP
UH, pengayaan dan remedial (2 JP)
                                               
                                                                                                                                                                                                                                                Batara,     Juli 2017
Kepala                                                                                                                                                                                                                  Guru IPA



                                                                                                                                                                                                  Ahmad Suryadi,S.Pd.


LINK DOWNLOAD WORD


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

makalah tentang filsafat naturalisme

Sejarah Singkat Penemuan Konsep Optik