PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF



Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan jumlah siswa 25 orang. Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi. Penelitian diberi batasan hanya dilakukan sebanyak dua siklus. Sikuls pertama dilakukan pada materi tekanan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II pada materi getaran dan gelombang sebanyak tiga pertemuan juga. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 44 dengan siswa yang tuntas sangat sedikit (8%) sehingga masih harus dilanjutkan ke siklus II. Melalui perbaikan pembelajaran diperoleh hasil yang lebih baik pada siklus II, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa menjadi 65,56 dengan siswa yang tuntas meningkat menjadi 44%. Keaktifan  siswa terhadap strategi pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan. Strategi pembelajaran konflik kognitif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM.


Link Artikel: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7075 


Comments

Popular posts from this blog

makalah tentang filsafat naturalisme

Sejarah Singkat Penemuan Konsep Optik