PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF
Penelitian ini adalah penelitian tindakan
kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA siswa
melalui penerapan strategi pembelajaran konflik kognitif. Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang Labschool UNM
pada tahun pelajaran 2015/2016 semester genap dengan jumlah siswa 25 orang.
Pengambilan data dilakukan melalui tes hasil belajar dan lembar observasi.
Penelitian diberi batasan hanya dilakukan sebanyak dua siklus. Sikuls pertama
dilakukan pada materi tekanan sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus II pada
materi getaran dan gelombang sebanyak tiga pertemuan juga. Hasil analisis data
memperlihatkan bahwa pada siklus I, diperoleh skor rata-rata hasil belajar
siswa sebesar 44 dengan siswa yang tuntas sangat sedikit (8%) sehingga masih
harus dilanjutkan ke siklus II. Melalui perbaikan pembelajaran diperoleh hasil
yang lebih baik pada siklus II, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar
siswa menjadi 65,56 dengan siswa yang tuntas meningkat menjadi 44%. Keaktifan siswa terhadap strategi pembelajaran yang
dilakukan mengalami peningkatan. Strategi pembelajaran konflik kognitif dapat
meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Labakkang
Labschool UNM.
Link Artikel: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7075
Comments
Post a Comment